Geotextile

Artinya adalah “bahan tekstil yang tembus air, yang biasanya digunakan pada pondasi tanah, batu, atau materi geoteknikal lainnya sebagai suatu bagian pelengkap dari suatu bangunan, proyek, atau system buatan oleh manusia”. Biasanya bahan geosintetis ini digunakan untuk tujuan pertanian maupun pembangunan. Bahan tekstil yang bentuknya seperti kain ini dibedakan dari metode penempatan benang pada bahan tersebut, yaitu: Woven (Tenun) dan Non-Woven (Tidak Ditenun).

  • Woven Geotextile (Tenun)

Bahan yang mirip kain untuk pakaian ini, benangnya berbentuk tenunan secara teratur dalam dua arah seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah. Bahan geotekstil woven biasanya digunakan untuk pemisahan lapisan tanah, memperkuat lapisan tanah, penahan beban di tanah yang tidak stabil, dan penyaringan air. Geotextile woven memiliki kelebihan yaitu tidak mudah melar (memuai) yaitu 15% dari ukuran aslinya.





  • Non-Woven Geotextile (Tidak Ditenun)
Bahan ini bila diraba terasa lebih kasar, karena penempatan benang pada bahan geotextile non-woven dilakukan secara acak, dan di ikat menggunakan uap/cairan panas, seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah. Pola benang pada bahan non-woven tidak begitu terlihat, tapi fungsinya sama dengan bahan woven, tapi dengan tingkat kerenggangan bahan yang tinggi, sehingga dapat melar (memuai) hingga 50% dari ukuran aslinya.

|

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2014. JUAL GEOTEXTILE MURAH | ReDesign by Jasa Pembuatan Website - Toko Online - SEO